Wednesday, June 1, 2011

Garuda 2011 OS download

Kali ini JejakBerkah akan menampilkan satu OS buatan Anak Bangsa yang udah friendly banget sobat bloger, boleh dicoba deh mudah-mudahan nie OS bisa nyaingin OS nya bule.......

Untuk menikmati sistem operasi yang dirilis tanggal 20 Mei 2011 tersebut, para pengguna tidak perlu menggunakan komputer dengan spesifikasi yang tinggi, menurut situs resminya, spesifikasi hardware yang dibutuhkan oleh Garuda OSadalah :
* Processor : Intel Atom; Intel atau AMD sekelas Pentium IV atau lebih
* Memory : RAM minimum 512 MB, rekomendasi 1 GB.
* Hard disk : minimum 8 GB, rekomendasi 20 GB atau lebih jika ingin menginstal program lain
* Video card : nVidia, ATI, Intel, SiS, Matrox, VIA
* Sound card : Sound Blaster, kartu AC97 atau HDA


Kebutuhan hardware tersebut merupakan persyaratan minimum untuk Garuda OS bisa berjalan dengan sempurna di komputer PC maupun laptop anda.

Dengan dukungan sistem operasi linux, maka Garuda OS bersifat sistem terbuka (open source), beberapa fitur yang kita bisa dinikmati di Garuda OS adalah :
1. Inti (kernel) sistem operasi : 2.6.38.7
2. Desktop : KDE 4.6.3
3. Dukungan driver VGA (Nvidia, ATI, Intel, dll)
4. Dukungan Wireless untuk berbagai perangkat jaringan
5. Dukungan perangkat printer lokal ataupun jaringan
6. Dukungan banyak format populer multimedia (flv, mp4, avi, mov, mpg, mp3, wma, wav, ogg, dll …)
7. Dukungan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris serta lebih dari 60 bahasa dunia lainnya (Jepang, Arab, Korea, India, Cina, dll…)
8. Dukungan untuk instalasi berbagai macam program aplikasi dan game (online) berbasis Windows
9. Dukungan untuk berbagai macam dokumen dari program populer berbasis Windows (seperti Photoshop, CorelDraw, MS Office, AutoCAD, dll)
10. Terbaru : Dukungan Font Aksara Indonesia, Dukungan ratusan Font Google Web


Dukungan banyaknya fitur dalam Garuda OS membuatnya layak untuk dicoba.
Kemudian yang menjadi pertanyaan, apakah OS Garuda kompatible dengan program-program aplikasi yang selama ini kita gunakan?. Tenang saja, menurut situs resminya, banyak program yang kompatible dengan Garuda OS


Bahkan saat kita menginstal Garuda OS, sudah ada beberapa aplikasi program yang juga turut diinstal diantaranya diantaranya LibreOffice 3.3 (pengganti MS Office). Dan juga untuk browsing ada Mozilla Firefox 4.0.1, Chromium, Opera. Untuk edit gambar pengganti photosop ada GIMP. Bagi anda yang membutuh remote dekstop ada Team Viewer. Dan kalau anda butuh hiburan ada beberapa permainan yang tersedia diantaranya Mahjong, Tetris, Rubik, Billiard, Pinball, BlockOut, Sudoku, Reversi.

0 comments:

Post a Comment